Kamis, 29 September 2016

BAGIAN BAGIAN PESAWAT TERBANG

                                   Bagian-bagian Pesawat Terbang

Pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara.
•    Pesawat udara(aircraft) adalah semua alat yang bergerak di udara.
Contoh : helikopter, balon udara, glider, dan pesawat terbang.
•    Pesawat terbang(airplane) adalahsalah satu jenis pesawat udara yang dibuat untuk mengangkut muatan(angkutan) berupa penumpang, barang, pos melalui udara.


Pesawat terbang terdiri dari :
1)    Fuselage (badan pesawat)
2)    Tail Section (ekor pesawat)
3)    Wings (sayap pesawat)
4)    Flight Controls (sistem kemudi)
5)    Landing gear (sistem roda)
6)    Engine (mesin pesawat)
1)    Fuselage terdiri dari kemudi (cockpit) dan kabin penumpang(pax cabin),ruang barang(cargo).
 

2)    Tail Section terdiri dari tempat peralatan pesawat dan vertical-horizontal stabilizer.

3)    Wings terletak di sebelah kanan dan kiri badan pesawat. Pada dan di dalam sayap pesawat terdapat banyak peralatan kemudi dan tangki bahan bakar. Disinilah terdapat flaps dan spoilers.
 
a.    Flaps
Flaps adalah merupakan bagian pesawat yang terletak pada wings dan pada umumnya berfungsi untuk mengurangi kecepatan pesawat.
Flaps dibagi menjadi dua yaitu leading edge flaps dan trailing edge flaps.
i.    Leading edge flaps
Berfungsi untuk memberikan gaya angkat pada kecepatan rendah dan untuk memberikan gaya hambat pada saat mendarat (membantu break).
Leading edge flaps juga sering disebut krueger flaps, yang letaknya di bagian depan ketiak wings.







ii.    Trailing edge flaps
Berfungsi untuk menambah gaya hambat dengan memposisikan flaps ke bawah (full up to full down), untuk menambah gaya angkat pada wings dan mengurangi kecepatan stall (kehilangan gaya angkat) saat take off dan landing.
Trailing edge flaps ada di bagian belakang ketiak wings, yang dalam pengaturan derajat kemiringannya memiliki fungsi masing-masing.
 
Sudut-sudut kemiringan flaps :
•    Flaps pada sudut 10 (take off flaps digunakan ketika take off.
•    Flaps pada sudut 20 untuk mengurangi kecepatan.
•    Flaps pada sudut 30 untuk mengurangi kecepatan.
•    Flaps pada sudut 40 sebagai brake ketika persisi sebelum mendarat, berfungsi untuk memperpendek landing distance.

Reiko yang terjadi ketika derajat kemiringan flaps tidak sama adalah gagalnya take off / pesawat bisa terbalik.
 
b.    Spoilers
Spoilers terletak agak di bagian tengah sayap/ di antara trailing edge flaps dan leading edge flaps, berfungsi untuk merusak lift dan memperbesar drag / sebagai rem/brake yang memperpendek landing range. Digunakan sesaat setelah landing/menyentuh tanah.
 

Sedangkan in flight spoilers boleh digunakan ketika pesawat sedang terbang di udara yang menyebabkan getaran pada pesawat.

Sistem Preventif spoilers :
Sistem preventif spoilers digunakan untuk mencegah kecelakaan pesawat karena pengaktifan spoilers di udara, dengan memasang switch pada landing gear yang dihubungkan dengan tombol pengaktif spoilers.
  
Pada saat pesawat berada di udara/ dalam keadaan terbang, switch dalam keadaan tidak terhubung, dan spoilers tidak dapat diaktifkan. Sedangkan ketika pesawat dalam keadaan mendarat/ telah menyentuh tanah, switch otomatis terhubung dan dapat digunakan setelah diaktifkan.
4)    Flight Controls/alat kemudi terdiri dari :
a)    Aileron(kemudi guling)
b)    Rudder(kemudi kiri-kanan)
c)    Elevator(kemudi naik-turun)
   
5)    Landing Gear

Landing gear/ roda pesawat adalah penopang utama pesawat pada waktu parkir, taxi (bergerak di darat), lepas landas atau pada waktu mendarat. Landing gear terdiri dari 3 roda, dua roda utama dan roda ketiga yang bisa berada di depan atau di belakang pesawat. Landing gear yang memakai roda dibelakang disebut conventional wheel. Jika roda ketiga bertempat di hidung pesawat, ini disebut nosewheel, dan rancangannya disebut tricycle gear. Nosewheel atau tailwheel yang dapat dikemudikan membuat pesawat dapat dikendalikan pada waktu beroperasi di darat
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates